Tips Menghindari Android Dari Ancaman Virus Berbahaya

Bersifat kehati-hatian dalam segala hal memang perlu dilakukan. Tidak lain adalah dalam dunia gadget, meskipun bukan termasuk benda hidup. Pasalnya smartphone merupakan benda yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan begitu perangkat ponsel berbasis Android kini telah  menjadi sasaran para hacker karena kepopuleran yang berperforma cukup tangguh.

Sayang sekali rasanya jika anda mendapati smartphone Android telah terancam oleh berbagai virus yang membahayakan kondisi perangkat OS Android itu sendiri. Beragam aplikasi dengan mudahnya diunduh pada market Android, dimana termasuk celah yang dimanfaatkan untuk menyebarkan virus berbahaya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengikuti tips tentang menghindari Android dari virus  yang mematikan di bawah ini.

Tips Menghindari Android Dari Ancaman Virus Berbahaya

1. Hindari Mendownload Program Selain dari Google Market

Untuk jaringan juniper telah menemukan pihak ketiga dari pasar yang mana telah menjadi saluran distribusi yang digemari malware. Umumnya aplikasi toko merupakan sumber utama dari jenis yang paling umum dari perangkat Android malware. Dimana termasuk intaller palsu, sama seperti aplikasi sah. Sebaiknya anda menggunakan app store atau Google Play Store yang telah disedikana oleh perusahaan vendor. Software aplikasi tersebut akan jauh lebih aman daripada google market lain.

2. Hindari Menyimpan File Berharga di Smartphone

Setidaknya anda  tidak menyimpan beragam file berharga di perangkat Android atau pun SD Card, yang mengingat device ini yag bersifat mobile dan rentan akan kehilangan. Namun, apabila memang sangat terpaksa anda harus mengunci file terlebih dahulu sebelum disimpan. Adapun aplikasi pengaman dari pengunci file tersebut misalnya Folder Lock.

3. Menghindari Penyimpanan History Internet

Pada urutan ketiga anda harus menghindari penyimpanan history internet yang mana tidak boleh anda sepelekan. Setiap website yang anda buka tentunya  akan terekam atau tersimpan di dalam  sebuah history dari browser yang digunakan. Bukan hanya itu, history juga akan menyimpan cookie dan cache secara berkala. Karena itulah, anda perlu mengamankan data yang berharga pada smartphone, lantas menghapusnya secara rutin.

4. Memasang Aplikasi Antivirus

Jika smartphone anda tidak memasang aplikasi antivirus, memungkinkan ancaman virus akan menyerang perangkat Android anda. Meskipun aplikasi antivirus memerlukan RAM yang terbilang besar, namun apa salahnyajika kita memasangnya lantaran agar smartphone selalu dalam keadaan aman. Di samping itu, sekarang banyak antivirus yang memang sudah dilengkapi dengan anti-theft yang mana bisa memberi lokasi  jika sewaktu-waktu ponsel Android anda  hilang. 

5. Menggunakan VPN

Setidaknya anda sebagai pengguna smartphone yang baik harus menggunakan VPN. Pasalnya sebuah VPN merupakan pilihan yang terbaik dimana tidak hanya untuk membuka website yang diblok, akan tetapi mamu melakukan proteksi terhadap anda seketika menggunakan WiFi publik. Saat ini tersedia beragam jenis aplikasi gratis yang bisa anda fungsikan dengan benar, misalnya  DroidVPN dan Hotspot Shield. Setidaknya anda aplikasikan tips untuk menghindari virus berbahaya. Pasalnya Android membuatnya terlalu mudah untuk menginstal berbagai perangkat lunak, baik yang sudah diboncengi virus tersebut.