Cara Memilih Powerbank Yang Bagus dan Berkualitas

Sebaiknya bukan hanya smartphone saja yang anda pilih dengan kualitas dan performa baik, melainkan powerbank yang dibeli haruslah berkualitas tinggi. Dengan demikian, kinerja yang diberikan powerbank tersebut lebih awet dan tahan lama. Lantas, apa gunanya powerbank? Power bank termasuk perangkat portable yang berfungsi dalam pengisian baterai pada ponsel.

Beruntungnya, saat ini banyak ditemukan beberapa penjual yang beredar di jajaran pasar Indonesia dengan menawarkan berbagai merek dan kapasitas daya baterai yang dimiliki. Hal tersebutlah yang membuat anda senantiasa bingung mencari dan memilah seperti apa powebank yang berkualitas baik dan mana yang buruk kualitasnya. Oleh karenanya, artikel ini akan berbagi untuk anda cara memilih baik dan tidaknya kualitas suatu powerbank.

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus dan Berkualitas

1. Kapasitas Power Bank

Sebaiknya anda melihat terlebih dahulu apakah  kapasitas daya yang ada dari powerbank sesuai yang diharapkan nantinya. Hal tersebut penting, karena anda dapat melakukan pengisian energi dengan optimal. Perlu diingat bahwa kapasitas power bank bervariasi dari berkapasitas rendah, sedang hingga kapasitas besar. Tidak semua kapasitas pada power bank kenyataan, terkadang tidak sesuai dengan kapasitas power bank yang tertera pada labelnya. Dikarenakan powerbank berkualitas sama dimiliki kapasitas sesuai label.

2. Kelengkapan Aksesoris Power Bank

Ini yang perlu dicermati yaitu memperhatikan kelengkapan dari aksesoris yang berada pada powerbank. Hal ini harus dilakukan supaya anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk melihat apakah masih lengkap ataukah ada yang hilang seperti konektor, lampu indikator, baterai aslinya serta kabel A/C. Dengan kata lain anda harus memcobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dibeli power bank tersebut

3. Melihat Fitur Power Bank

Anda harus melihat beberapa fitur yang tersedia di powerbank, karena dapat melihat sisi fiturnya apakah baik ataukah sebaliknya. Anda dapat mencobanya untuk dapat melihat berbagai fitur yang dibekali dari powerbank tersebut yang berupa  short circuit, high temperature, serta overcharging protection. Nah, dari ketiga fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaanya.

4.  Melihat Tegangan Output Power Bank

Anda dapat melihat tegangan output, maka bisa mengetahui tegangan yang akan masuk ke dalam ponsel sekaligus memprediksi waktu chargernya. Setidaknnya ketika daya diisi  pada smartphone degan powerbank, gunakanlah kabel USB asli sebab tegangan USB dari smartphone asli akan stabil yang telah disesuaikan. Hal ini diharapkan untuk dapat menghambat adanya aliran tegangan arus daya yang naik turun. Ketika tegangan tertentu dapat menentukan lama atau tidaknya akan terisi.

5. Melihat Garansi

Bukan hanya membeli ponsel yang harus dilihat garansinya, powerbank juga perlu. Hal ini karena maraknya penjualan powerbank yang bersifat abal-abal dengan harga sangat murah yang tidak memberikan garansi terhadap produk tersebut. Pastikanand amembeli powerbank yang memiliki garansi resmi minimal 1 tahun, sehingga akan dapat meyakinkan bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus.

6. Memperhatikan Cell Power Bank

Ingatlah bahwa jenis cell dari bawaan powerbank  itu penting untuk diperhatikan. Alangkah baiknya teliti dan cermati cell pada powerbank, karena akan berpengaruh pada keawetan atau tidaknya powerbank tersebut. Beberapa cell yang baik, biasanya karena merek juga bagus dan tentunya ternama. Demikianlah cara memilih powerbank yang bagus dan berkualitas. Pilihlah produk powerbank  yang berkualitas tinggi, supaya dapat digunakan lebih awet sebagai pembantu smartphone seketika daya baterai mulai menipis.