Peluang Usaha dengan Modal Kecil, Tips Membuka Bisnis Kafe?

Tips Membuka Bisnis Kafe Dengan Modal Kecil – Bagi anda yang berniat membuka usaha kafe seringkali terhalang oleh biaya yang modal kecil. Namun kini anda tak perlu ragu karena sebenarnya usaha mendirikan kafe bisa sangat sederhana. Dengan begitu anda tidak akan memerlukan biaya yang banyak, lagipula jika kafe sudah berkembang anda dapat muka cabang yang lebih besar, sehingga bisa menjadi pengganti modal awal tersebut.

Ada langkah yang mesti diperhatikan dalam mengelola bisnis kafe agar ramai akan konsumen. Setidaknya anda menggunakan konsep kafe mini yang bernuansa elegan supaya terkesan mewah tapi harga murah meriah. Kafe sendiri yang merupakan bisnis kuliner ini juga perlu menyajikan berbagai sajian makanan yang enak dan minuman menyegarkan. Nah, inilah tips membuka bisnis kafe hanya dengan modal yang sifatnya terbatas.

Cara Memulai Bisnis Kafe Bermodal Kecil

1. Strategi Marketing Hemat Biaya

Apabila anda masih memerlukan penghematan dalam melakukan bisnis kafe, maka jalankan di bagian sektor marketing. Pasalnya bisnis selalu memberdayakan pemasaran atau marketing, sehingga bisnis kafe anda lebih dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Alangkah baiknya anda menerapkan promosi yang hemat, dengan cara strategi pemasaran lewat media sosial dengan sistem gratisan. Semua tadi bergantung pada teknik dan cara anda dalam memanfaatkan media sosial tersebut.

2. Memilih Perlengkapan Usaha Murah dan Menarik

Anda dapat membangun bisnis kafe yang sukses hanya dengan modal minim. Bangunlah sebuah kafe yang memungkinkan untuk anda dalam memilih perlengkapan usaha yang murah dan menarik.  Anda mesti menggunakan kreatifitas dan keunikan yang mencirikan tentang kafe anda tersebut. Semisal memenuhi perlengkapan piring dari bahan anyaman bambu yang diberi alas daun pisang. Pemilihan gelas dari material berbahan kayu juga termasuk kedalam peralatan dengan harga yang murah dan antik. Hal ini juga akan mampu menarik pengunjung untuk datang.

Tips Membuka Bisnis Kafe Dengan Modal Kecil

3. Buat Kafe Lesehan yang Nyaman

Kenyamanan adalah unsur yang penting pada sebuah kafe. Oleh karena itu, buat kafe anda senyaman mungkin untuk konsumen yang datang. Meskipun modal terbatas bukan berarti tak bisa menciptakan suasana kafe yang nyaman. Anda bisa menggunakan konsep kafe lesehan sehingga mampu memberikan kesan santai. Akan tetapi ciptakan kebersihan dari karpet yang digunakan sebagai alas. Usahakan karpet untuk alas tersebut berbau harum.

4. Beli Bahan Baku dari Grosir

Cara berhemat dalam mendirikan kafe karena modal minim adalah membeli bahan baku baik makanan maupun minuman dari grosir. Pasalnya anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah ketimbang membelinya dari para pengecer. Hanya saja saat membeli bahan baku dari grosir anda mesti membelinya dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut memang sudah menjadi ketentuan grosir yang berlaku di hampir pada semua tempat.

5. Pilih Tempat yang Ramai Pengunjung

Mendirikan sebuah kafe sebagai usaha baru bermodal kecil tentunya harus memilih tempat yang strategis.  Sangat disarankan bagi anda untuk membuka kafe yang berada di lokasi strategis dan yang ramai akan situasi pengunjung. Anda tidak perlu menyewa tempat di mall atau pasar agar bisa menarik banyak pengunjung. Akan tetapi, tempat sendiri di pinggir jalan yang ramai, maka bisa memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Banyak Diminati – Memulai usaha atau bisnis memang membutuhkan kemampuan baik modal dari dalam diri maupun dari luar. Namun yang terpenting adalah mengatur modal kepercayaan diri, bukan modal materiil dalam bentuk uang. Pasalnya saat ini banyak jenis usaha yang bisa dijalankan hanya bermodalkan kecil, sehingga tidak akan dibuat pusing apalagi setelah itu justru mendapatkan keuntungan.

Sebelum membuka usaha sendiri dengan modal pas-pasan, seseorang perlu mengetahui beberapa jian dan contoh dari usaha yang modalnya tidak besar. Peluang usaha kecil untung besar tentu saja dapat dilakukan oleh siapa pun, asalkan memiliki motivasi dan keinginan yang kuat dalam mengembangkan usahanya. Bagi anda yang ingin menjalankan suatu bisnis modal kecil, cobalah ikuti peluang usaha berikut ini yang sudah banyak diminati.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Untung Banyak

1.Menjadi Seorang Reseller

Mungkin anda ingin bekerja tanpa modal sama sekali, maka bisa mencoba menjadi seorang reseller sebuah online shop. Hanya saja dalam mengembangkan bisnis ini, anda membutuhkan kejelian saat hendak melakukan surfing di internet agar mendapatkan ide usaha terbaik. Cara kerja reseller sangat simple, yakni menerima tawaran pembelian dan bisa meneruskannya kepada penjual untuk segera mengirimkan barang ke pembelinya.

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Banyak Diminati

2. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan kini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, karena modal cukup kecil dan untungnya sangat besar. Agar modal dapat diminimalisir dengan baik, maka manfaatkan barang bekas di sekitar lingkungan untuk dijadikan kerajinan yang menarik. Sebagai contoh dengan adanya bungkus makanan bisa anda buat menjadi tas atau hiasan dinding. Ada lagi botol bekas atau cangkang telur yang diubah sebagai hiasan cantik, lalu kain flanel yang dibuat bonek dan aksesoris tertentu.

3. Rental Komputer

Membuka rental komputer merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Apalagi jika anda memulai usaha di dekat kampus atau lingkungan kerja yang akan menambah penghasilan tertentu. Jika modal yang anda miliki terlalalu sedikit, cobalah untuk melakukan kerja sama agar rental komputer semakin berkembang. Selain itu, anda bisa menambahkan aksesoris komputer untk diperjual belikan agar mendapatkan untung.

4. Membuat Angkringan

Mendirikan angkringan bisa dicoba jika anda memiliki modal usaha kecil. Pasalnya kini angkringan masih banyak diminati, karena bukan hanya menyediakan harga makanan yang murah, namun menawarkan berbagai jenis makanan enak. Angkringan banyak ditemui di pinggiran jalan mana saja, sehingga sangat berpotensial sebagai usaha yang menguntungkan. Apalagi angkringan tidak mengenal waktu lantaran buka hingga larut malam terutama di kota-kota besar.

5. Agrobisnis

Terakhir yang bisa dijalankan sebagai usaha bermodal kecil adalah membuka usaha agrobisnis. Jenis usaha yang satu ini cocok untuk anda yang menyukai kegiatan berkebun. Pasalnya ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan ladang bisnis, mulai dari sayuran organik, buah-buahan, hingga aneka bunga. Untuk melakukan pemasaran, anda bisa menjual hasilnya langsung ke pasar atau jika hasil kebun cukup berlimpah, anda bisa mencari orang untuk memanennya dan lebih untung banyak.